Wednesday, 9 October 2013

TUGAS ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA SISTEM ENDOKRIN

TUGAS ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA

SISTEM ENDOKRIN






DISUSUN OLEH :

1.      Desi Puji Lestari        0904015054
2.      Hafilia Haznawati     0904015115




Kelas                      : 2J
Kelompok              : 1
Nama Dosen          : Siska, M. Farm., Apt


PROGRAM STUDI FARMASI
FAKULTAS FARMASI DAN SAINS
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
JAKARTA
2013


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kelenjar endokrin atau kelenjar buntu adalah kelenjar yang mengirim hasil sekresinya langsung ke dalam darah yang beredar dalam jaringan dan menyekresi zat kimia yang disebut hormon. Hormon adalah zat yang dilepaskan ke dalam aliran darah dari suatu kelenjar atau organ yang mempengaruhi kegiatan di dalam sel.
Sistem endokrin, dalam kaitanya  dengan sistem syaraf, mengontrol dan mendukung fungsi tubuh. Kedua sistem ini bersama-sama bekerja untuk  mempertahankan homeostasis tubuh.
Bila umumnya sistem endokrin bekerja melalui hormon, maka sistem syaraf bekerja melalui neuro transmitter yang dihasilkan oleh ujung-ujung syaraf. Terdapat dua tipe kelenjar dalam tubuh yaitu eksokrin  dan endokrin. Kelenjar eksokrin melepas sekresinya ke dalam duktus pada permukaan tubuh, seperti kulit, atau organ internal, seperti lapisan traktus intestinal. Kelenjar endokrin termasuk hepar, pankreas (kelenjar endokrin dan eksokrin), payudara , kelenjar lakrimalis untuk air mata. Sebaliknya, kelenjar endokrin melepaskan sekresinya lengsung ke dalam darah. Yang termasuk ke dalam kelenjar endokrin adalah pulau langerhans pada pankreas, gonad (ovarium dan testis), kelenjar adrenal, hipofisa, tiroid dan paratiroid, serta timus.
B.     Tujuan
1.      Memberikan informasi dan wawasan tentang sistem endokrin pada manusia.

2.  Memberikan informasi dan wawasan tentang hormon dan hubungan antara hormon dengan sistem endokrin. 

File lengkap dari makalah ini bisa di download di sini

No comments:

Post a Comment